Tuesday, January 25, 2011

02 05 08

Skema : analisis sederhana tentang equitas

es buah enak nggak??? . . .pertanyaan yang tidak mungkin menghunjam dalam hatimu . . saya sering minum es buah di deket lapangan pancasila . . ya disana banyak pedagang es buah . . kalau mau sok sokan ya namanya sektor ekonomi mikro . . .katakanlah suatu hari saya mampir kesana ke warung bu ajijah, warung bu ajijah tepat lurus dari jalan . . karena tepat lurus jalan makanya saya memilih tempat itu, mudah parkir.

es buah 2
pendekatan teroritis

garis kuning = desire line
dot merah = client
kotak merah = warung bu ajijah
kotak yg lain = warung lain
panah ungu kearah lap. pancasila

secara teoritis . . jika anda pinky anda akan memilih garis yang mana . . jika faktor rasa, faktor pemilik perusahaan, faktor anak bu ajijah yg cantik itu, dan faktor lain DIABAIKAN . .??

secara feng shui?? haha. kalau shui feng??
tusuk sate membawa berkah??

tentunya tidak adil kalau warung bu ajijah berada di tengah terus . .dan itu benar adanya. . kemudian warung bu ajijah saya "titeni" apakah hari berikutnya tetap di tengah atau pindah . . .dan ternyata benar . . warung tersebut tidak berada di tengah sesuai prakiraan saya . .

lalu bagaimana cara pedagang2 ini mengatasi adil atau menang menangan??

2 sistem atau ada sistem yang lain ??

rotary
es buah 3
sewa lahan
es buah 4
sewa lahan 1 lebih mahal dari 2 > 3> 4>5

penomoran diatas hanya perkiraan saya

sistem yang adil atau sistem bisnis??


sebuah cerita . . saat itu sedang berlangsunglah kuliah jalan rel . . .dan saya waktu itu duduk di kursi terkutuk . . mojok di belakang kolom . . ketika dosen menerangkan . . .

" bagaimana jika sistem perkereta apian di komersialkan?? sehingga ada banyak operator swasta . . dan andalah pemerintahnya. . .yang memiliki prasarana jalan rel tersebut "

waktu itu saya sedang ngalamun, saya malah memikirkan sistem dagang es buah ini haha . . . .eh apes nya saya yg ditunjuk . . untuk menjawab . . .walaupun saya ngalamun tapi saya sedikit mendegar tentang pertanyaan dosen . . lalu saya jawab dengan pemaparan sistem rotasi diatas. . .haha. momen yg pas bukan??? kok bisa saya malah memikirkan es buah??
salah benar asal jawab saja . . jangan takut salah . .

komentar dosen dengan sistem rotari ini . . .
" loh tidak bisa. . .secara teoritis bagus . . .tetapi ini BISNIS . . . .ga ada baik baikan . . .sistem sewa lah yang lebih masuk akal "

jika anda menjadi pemerintah nya ?? apa yang akan anda lakukan jika menghadapi hal yang sama?? pemerintah mencari keuntungan?? pemerintah berlaku adil.?? untuk suapa keuntungan itu?? untuk siapa keadilan itu???hehe
09 10

No comments:

Post a Comment